Cara Packing Perlengkapan Perjalanan atau Pendakian

Ransel yang diatur dengan benar akan membuat pendakian Kamu lebih nyaman.

Terlepas dari bagaimana kekuatan tubuh kamu setelah latihan fisik intensif, jika kamu salah dalam mengemas ransel makan kamu akan lebih cepat kehabisan tenaga. Walaupun hanya pendakian gunung yang tidak terlalu tinggi. Jadi, pastikan kamu packing barang-barang dalam ransel dengan efisien dan efektif.

Tapi, bagaimana cara packing yang baik untuk petualangan kamu? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat ransel kamu menjadi senyaman mungkin. Namun perlu diingat, ini adalah pedoman umum. Kamu mungkin harus menyesuaikan tips ini dengan medan yang akan ditempuh dan barang apa saja yang akan dibawa.

outdoor equipment

Gunakan ransel yang tepat

Hal pertama yang pertama yang harus kamu perhatikan adalah pastikan ransel yang kamu gunakan pas untuk Kamu dan juga akan cukup untuk jalur pendakian. Jika Kamu akan melakukan perjalanan singkat sehari, Kamu tidak perlu menggunakan ransel ekspedisi yang sangat besar. Demikian sebaliknya, daypack umumnya terlalu kecil untuk perjalanan beberapa hari.

Jika kamu tidak memiliki banyak pilihan tas karena harganya yang mahal, kamu bisa mendiskusikannya dengan teman seperjalanan. Mungkin kamu bisa membagi barang bawaan sesuai dengan kapasitas ransel, kemudian bergantian membawa ransel.

Barang berat menempel di punggung

Benda-benda yang lebih berat harus dijaga agar tetap dekat dengan punggung Kamu dan lebih tinggi dalam ransel Kamu untuk membantu Kamu mempertahankan pusat gravitasi. Pengaturan ini menjaga Kamu dari mematahkan punggung Kamu dengan beban berat yang menarik ransel Kamu ke belakang atau dari sisi ke sisi.

Hindari memiringkan distribusi berat ke satu sisi. Bahkan sistem suspensi yang rumit pada ransell rangka internal tidak dapat mengompensasi perbedaan berat yang dramatis dari satu sisi ke sisi lain.

Tempatkan perlengkapan sesuai tingkat kepentingan dan frekuensi pemakaian

Letakkan barang-barang penting seperti peta, kotak P3K, lampu senter, dan jejak makanan ringan di kantong luar atau di kompartemen atas untuk memudahkan akses saat istirahat. Banyak ransel yang dilengkapi dengan sarung atau kantong samping jala untuk botol air minum.

Barang-barang lain seperti pakaian cadangan atau kain pelana yang Kamu tahu tidak akan Kamu gunakan sampai Kamu tiba di perkemahan harus lebih dalam di ransel Kamu.

Perlengkapan kemah dan tidur sebaiknya ditempatkan di bagian paling bawah. Beberapa tipe ransel ada yang dilengkapi dengan ruang terpisah pada bagian bawahnya yang bisa digunakan untuk menyimpan kantong tidur.

Jangan boros ruang

Susun semua perlengkapan sebaik mungkin sehingga kamu dapat menyisakan ruang kosong seminimal mungkin. Perlengkapan yang paling mungkin dan perlu untuk disusun kompak misalnya perlengkapan masak dan makan.

Jika Kamu memasukkan pakaian cadangan ke dalam kantong plastik tertutup untuk menjaganya tetap kering, tekan udara keluar dari kantong sebelum benar-benar menutupnya.

Cegah kerusakan makanan dan peralatan

Bahan bakar memasak tidak boleh berdekatan dengan makanan atau tenda. Periksa kembali tutupnya untuk memastikannya terpasang dengan benar. Bahan bakar yang bocor dapat merusak makanan Kamu dan merusak lapisan kedap air tenda Kamu.

Packing waterproof

Packing yang bagus tidak hanya akan membuat isi packing Kamu tetap kering, tetapi juga akan membuat pembungkus packing itu sendiri tetap kering. Air adalah benda yang berat, jadi satu packing yang kering akan sangat bermanfaat di berbagai kondisi.

Meletakkan pakaian Kamu dan barang elektronik apa pun dalam kantong plastik yang dapat ditutup kembali untuk memastikan semuanya tetap kering adalah ide yang bagus untuk .

Atau, Kamu dapat melapisi bagian dalam ransel Kamu dengan kantong sampah plastik. Karung barang dengan kantong tidur bawah harus dilapisi dengan kantong plastik, terutama jika ada di luar kemasan. Kantong tidur bawah harus benar-benar kering agar efektif.

Jika ransel kamu menggunakan frame eksternal

Kamu mungkin harus mengikat beberapa item ke bagian luar ransel. Ikat setiap perlengkapan yang berada di luar ransel dengan erat agar tidak bergoyang saat Kamu berjalan. Gerakan ekstra pada perlengkapan akan membuat Kamu bekerja lebih keras untuk menjaga keseimbangan di jalur pendakian. Secara keseluruhan, cobalah untuk meminimalkan jumlah item yang Kamu simpan di luar ransel Kamu.

Pakailah ransel Kamu dengan benar

Saat mengenakan ransel, kendurkan semua tali. Pertama, kencangkan sabuk pinggul (yang seharusnya berada di pinggul Kamu, bukan di atasnya), dan kemudian ikat bahu dan kemudian pengangkat beban (dekat bahu Kamu). Terakhir, sesuaikan tali penstabil beban pada sabuk pinggul (di belakang sabuk). Tali dada tidak boleh kencang, tetapi cukup membantu menjaga agar tali bahu tetap pada posisinya – Kamu ingin dapat bernapas lega.

Daftar ini hanyalah panduan umum untuk membantu Kamu mengetahui apa yang paling cocok untuk Kamu. Dengan latihan dan pengalaman, Kamu akan menemukan metode pengemasan yang paling sesuai dengan peralatan yang Kamu sukai untuk dibawa mendaki.

Berbagi berarti peduli!

shares