Florawisata, Menikmati Keindahan Tumbuhan

Florawisata – Dunia begitu cepat berubah, berbagai hal yang baru terus menerus muncul menggantikan yang lama. Perubahan menuntut kita untuk itu berubah dan beradaptasi. Namun, hal ini sebenarnya merupakan sebuah peluang, dan yang harus dimanfaatkan oleh semua orang. Salah satu bentuk trend baru dalam dunia pariwisata adalah florawisata, ini adalah praktik bepergian untuk menikmati alam dalam bentuk tanaman-tanaman. Teruskan membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang perjalanan wisata bunga dan beberapa tujuan wisata tanaman populer.

Florawisata Habitat Anggrek Permata di Ujung Borneo

Informasi Florawisata

Apa itu florawisata? Dalam istilah yang paling dasar, florawisata adalah fenomena melakukan perjalanan ke lokasi bertema alami, dan fenomena ini adalah tren baru yang sedang hangat yang dipelopori oleh generasi muda. Destinasi yang menjadi bentuk pariwisata ini bisa berbentuk taman nasional, kebun raya, kawasan bersejarah dengan lanskap yang luas, atau hanya jalan setapak yang ditumbuhi tanaman.

Dalam beberapa tahun terakhir tempat-tempat hijau di dunia telah mencatat jumlah pengunjung yang memecahkan rekor, dan tampaknya semakin populer. Pada 2017, Monrovia menyebut florawisata sebagai salah satu tren teratas yang memengaruhi dunia berkebun.

Jadi, apa inti dari florawisata? Alam selalu menarik, tetapi mengapa orang muda tiba-tiba berbondong-bondong mendatanginya? Ada beberapa alasan. Satu hal yang menarik adalah kecenderungan baru untuk mendapatkan pengalaman material objek tertentu. Generasi milenial tidak terlalu suka mengoleksi barang, melainkan mengoleksi pengalaman.

Mereka juga lebih peduli dengan “gangguan kekurangan suasana alami”, masalah serius bagi orang-orang yang menghabiskan waktu luang dan kerja mereka di depan layar. Gabungkan keduanya, dan apa yang lebih baik untuk mengumpulkan pengalaman selain bepergian ke beberapa taman dan tempat luar ruangan terbaik yang ditawarkan dunia.

Tujuan Populer Florawisata

Jadi, apa saja tempat paling trending untuk melakukan florawisata di Indonesia, berikut adalah beberapa diantaranya?

Kebun Raya,

Kebun raya, yang sering kali memiliki bonus tambahan berupa sejarah yang kaya dan pesona jadul, serta peluang foto yang sangat bagus. Satu Dekade yang lalu, Indonesia mungkin dianggap hanya memiliki satu kebun raya, yaitu kebun Raya Bogor. Kebun Raya Bogor yang berada di tengah-tengah kota Bogor adalah salah satu destinasi florawisata terbaik di Indonesia. Kita bisa melihat, menikmati atau memelajari berbagai spesies tumbuhan yang ada di Indonesia yang menjadi koleksi Kebun Raya Bogor.

Apakah Bogor terasa jauh? Kalau begitu anda mungkin bisa mengunjungi kebun raya yang lebih dekat dengan tempat tinggal anda. Sejak beberapa tahun lalu pemerintah Indonesia telah membangun banyak sekali kebun raya di berbagai wilayah. Silahkan cek di disini untuk mengetahui kebun raya terdekat di tempat tinggal anda.

Taman Nasional

Indonesia sebagai salah satu negara megabiodiversitas memiliki banyak Taman Nasional yang menjadi tempat dimana berbagai keanekaragaman hayati tersebut dilindungi. Beberapa diantara taman nasional yang terbaik untuk melakukan florawisata adalah Taman Nasional Lorentz, Taman nasional Kerinci Seblat, Taman Nasional Betung Kerihun dan Taman Nasional Gunung Palung di Pulau Borneo.

Jika taman nasional terasa agak mahal, anda bisa juga mengunjungi kawasan konservasi lain yang mungkin lebih murah. Salah satu contoh misalnya Cagar Alam Bukit Kelam yang menjadi habitat endemik Nepenthes clipeata.

Kegiatan florawisata di kawasan konservasi
Perjalanan ke Cagar Alam Kepulauan Karimata untuk Mempelajari Berbagai Jenis Tumbuhan Nepenthes

Sebenarnya ada banyak sekali pilihan untuk menikmati kekayaan flora di Indonesia yang mungkin tidak bisa disebutkan satu persatu disini. Jika memang anda tertarik untuk melakukan flora turisme anda bisa mulai dengan mengunjungi taman-taman kota atau hutan kota sebagai permulaan. Kemudian mengunjungi hutan-hutan lindung di pedesaan, baru kemudian mengunjungi tempat yang lebih ekstrim seperti kawasan konservasi (taman nasional dan cagar alam).

Baik Anda seorang milenial atau berjiwa muda, mengapa tidak memanfaatkan tren florawisata yang berkembang dan berharga ini?

Berbagi berarti peduli!

shares