Fotografi Outdoor – Jadikan Petualanganmu Lebih Keren

Fotografi outdoor – Setiap petualangan atau pendakian bisa menjadi pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan bagi pelakunya. Fotografi adalah salah satu cara kita untuk merekam dan mengabadikan pengalaman tersebut.

fotografi outdoor
Pendakian Gunung Cabang. Credit: Mapala Untan

Namun, bagi yang belum begitu terbiasa untuk melakukan pengambilan foto outdoor, aktifitas ini bisa menjadi sangat sulit. Bahkan bagi yang sudah terbiasapun bisa mengalami kesulitan karena alam selalu berubah dan sulit di tebak.

Barangkali boleh kita katakan kalau petualangan dan fotografi itu seperti satu paket, berjalan seiring. Alasannya mungkin karena kita selalu ingin berbagi semua pengalaman kita. Pengalaman ketika berbasah keringat dan hujan, atau menggigil di malam yang berkabut.

Kebanyakan orang seperti berpikir bahwa “Kami ingin mereka melihat apa yang kami lihat.” Jadi kita bisa sepakat bahwa hiking dan fotografi outdoor bisa senantiasa seiring sejalan. Kalau kamu ingin menghabiskan banyak waktu untuk menjelajah hutan belantara, maka kamu perlu meluangkan waktu untuk mempelajari cara mengambil foto dari apa yang kamu lihat secara lebih baik.

Mempelajari fotografi outdoor yang bagus adalah salah satu hal pertama yang harus difokuskan oleh para calon fotografer. Ada dua komponen utama yang harus kita perhatikan di awal; pertama adalah kuantitas cahaya (exposure), dan kemudian komposisi antara subjek dan lingkungannya. Untuk mengetahui lebih banyak tentang bagaimana Kamu dapat secara efektif dan sukses, ini triknya:

Pertahankan Fokus pada Warna Netral

Saat membidik foto dengan latar belakang yang besar, akan lebih baik untuk menempatkan fokus pada satu tempat dengan warna netral. Kamera memiliki kapasitas untuk memutuskan cara terbaik untuk mengekspos foto tergantung pada pengukuran cahaya apa yang bisa dibaca.

Ini berarti bahwa yang harus Kita lakukan adalah menyentuh layar DSLR pada titik fokus yang menjadi target dan kemudian biarkan kamera melakukan tugasnya sesuai dengan teknologi yang dimilikinya. Biasanya kamera akan mengukur pencahayaan dan menyesuaikannya secara otomtis untuk mendapatkan gambar terbaik.

Misalnya, jika Kita mencoba menangkap pemandangan indah yang melibatkan jalan abu-abu dan jembatan di tengah, dengan langit biru naik dan pepohonan serta tanah di latar belakang. Kita harus fokus di jalan dan kemudian biarkan kamera menyeimbangkan pencahayaan antara bayangan di tanah dan sorotan di langit. Dengan cara ini, Kita dapat menangkap perhatian viewers foto kita dan membiarkan mereka dengan mudah mengetahui apa yang ingin Kita sampaikan melalui foto kita.

Gunakan fungsi grid dan Gunakan Rule of Thirds

Rule of thirds berarti memotret subjek (mungkin manusia) sedikit keluar dari tengah layar. Meskipun seorang fotografer amatir akan bersikeras untuk menjaga subjek tepat di tengah-tengah gambar, seorang profesional tahu bahwa viewers yang lebih cerdas lebih mudah menerima gambar ketika subjek utama tidak ditempatkan tepat di tengah-tengah foto.

Untuk mendapatkan bidikan yang paling efektif, gunakan fungsi grid dan temukan bagaimana Kamu dapat dengan mudah membuat foto outdoor yang lebih baik. Menjadi lebih mengenal fungsi-fungsi grid akan memungkinkan untuk menjelajahi lebih banyak keajaiban fotografi outdoor.

Baca juga: Perlunya memasukkan orang ke dalam Foto

Buat Perspektif yang Bisa Memberikan Detail

Saat memotret seseorang dalam pemandangan indah, akan bagus untuk menangkap sebanyak mungkin image lingkungan di sekitarnya. Kuncinya di sini adalah mengubah posisi Kita yang biasa saat mengambil gambar.

Misalnya, Kita dapat mencoba menempatkan kamera digital atau ponsel di tempat yang stabil seperti meja atau bahkan di teras batu. Dengan melakukan itu, Kita akan dapat menangkap lebih banyak latar belakang yang akan memberikan viewers gagasan yang lebih baik tentang bagaimana latar belakang terlihat dalam kehidupan nyata.

Lihat Lebih Jauh dan Menjadi lebih Kreatif

Selalu berusaha menemukan sesuatu yang baru. Jadilah kreatif dan temukan situasi unik untuk membuat kamu tetap fokus. Secara umum, Kamu harus mencari sumber cahaya. Tetapi jika kamu ingin sesuatu yang berbeda, Kamu harus mencoba mencari pantulan, bayangan, sinar matahari, dan ketidaksempurnaan lainnya untuk menciptakan gambar sempurna.

Berani keluar dari kotak akan lebih baik untuk menjadi kreatif dan eksperimental dalam petualangan fotografi outdoor. Tidak ada salahnya untuk menjadi unik dan aneh kadang-kadang terutama jika hasilnya mengagumkan.

Berbagi berarti peduli!

shares