Kisah Petualangan – Cara Mendokumentasikannya

8 tips untuk mendokumentasikan kisah petualangan

Kisah Petualangan bisa menjadi Kenangan luar biasa. Tetapi kadang sulit untuk berbagi kisah petualangan tersebut. Disini kita akan membahas tentang bagaimana mendokumentasikan kisah petualangan Sobat petualang sehingga Sobat petualang dapat membagikannya dengan orang-orang yang Sobat sayangi. Berikut ini beberapa kiat hebat tentang cara melakukannya dengan baik!

1. Buat Jurnal

Apakah Sobat petualang suka menulis jurnal? Jika demikian maka jurnal adalah cara luar biasa untuk merekam kisah petualangan Sobat. Ketika menulis jangan menuliskan, “kami pergi ke sini, atau kami melakukan ini”, alihkan fokus kata-kata Sobat petualang pada hal-hal yang Sobat petualang lihat dan rasakan. Dengan kata lain, bagaimana tempat-tempat yang dikunjungi membuat Sobat petualang merasakan emosinya jauh lebih penting daripada fakta Sobat petualang pernah pergi ke sana!

dokumentasi kisah petualangan
Pendakian Gunung Cabang, Pulau Karimata.

2. Foto sebanyak mungkin

Foto bisa menjadi pencerita kisah petualangan yang hebat. Karena itu, jadilah kreatif, tangkap momen, tetapi jangan biarkan kamera Sobat petualang mengurangi pengalaman. Jika Sobat petualang ingin mengambil foto perjalanan yang menakjubkan, daftarlah di kursus untuk mempelajari cara membingkai.

Setidaknya sobat petualang tahu bagaimana menempatkan subjek dan beberapa aturan dasar. Program pengeditan yang baik dapat membantu juga! Jika Sobat petualang memiliki kamera SLR di RAW, dan setiap sudut pandang selain level mata akan selalu lebih menarik!

Dokumentasi Kisah Petualangan
Pendakian Gunung Cabang, Pulau Karimata. Dok. Mapala Untan

3. Ambil Selfie

Siapa yang peduli apa yang dipikirkan orang, selfie itu luar biasa. Lakukan dan berbanggalah! Ambil gambar Sobat sendiri, atau lebih baik ambil gambar selfie bersama teman-teman! Ini adalah cara yang luar biasa untuk menyatukan orang dan mengabadikan sebuah peristiwa yang baru saja terjadi.

dokumentasi kisah petualangan

4. Video

Jadilah berani, ceritakan kisah petualangan Sobat Petualang melalui kamera video. Jangan lupa untuk menunjukkan emosi Sobat petualang! Silahkan melihat-lihat beberapa perangkat lunak pengeditan otomatis yang mengagumkan, Sobat petualang sekarang dapat mengambil setumpuk klip pendek di perjalanan, dan gunakan aplikasi untuk melakukan sisanya, mendera di jalur suara dan Sobat petualang mendapatkan film yang luar biasa!

5. Perhatikan hal-hal kecil

Tidak peduli metode apa yang Sobat petualang gunakan, saat bepergian jadilah orang yang selalu jeli. Lihat hal-hal dari berbagai sudut pandang. Berhenti dan hirup wangi udara pegunungan, jika ada sesuatu yang menarik perhatian Sobat petualang, hentikan dan selidiki! Ini bisa menjadi cara yang luar biasa untuk terhubung dengan lingkungan Sobat petualang. Juga bisa menambahkan detail dalam kisah petualangan yang ingin sobat bagikan.

dokumentasi petualangan
Jamur Merah di Hutan

6. Berbagi foto

Jika Sobat petualang bepergian dengan kelompok, Sobat petualang selalu dapat mengurangi beban berat dengan berbagai bawaan kamera. Sobat membawa satu dan berbagi foto ketika Sobat petualang pulang. Ini juga berarti ketika sesuatu yang luar biasa terjadi, Sobat petualang bisa mengambil gambar teman-teman dan sebaliknya. TAPI pastikan Sobat petualang juga menjadi objek dalam kamera teman-teman. Jangan menjadi orang yang selalu berada di belakang lensa, pastikan Sobat petualang berada di depannya juga!

dokumentasi kisah perjalanan
Pelayaran Menuju Tanjung Datuk, Paloh

7. Capture momen kunci

Dengan kualitas ponsel kamera saat ini, tidak ada alasan untuk membiarkan saja kisah petualangan sobat terlewat. Saat peristiwa penting terjadi, ambillah snap, ambil selfie, dapatkan momennya. Jika sesuatu terjadi pada teman, Sobat petualang dapat menangkapnya untuk mereka. Memungkinkan mereka mengalaminya tanpa mengkhawatirkan kamera!

dokumentasi kisah petualangan
Pendakian Gunung Cabang. Dok. Mapala Untan

8. Tampilkan yang baik, dan yang buruk

Sangat menyenangkan memiliki banyak kenangan kisah petualangan yang hebat. Tetapi masa-masa kurang menyenangkan juga penting. Jujurlah dalam berbagi kisah petualangan Sobat petualang. Tidak semua petualangan berjalan sesuai rencana, ketika ada yang salah, jangan takut untuk membagikannya.

dokumentasi kisah petualangan
Mengeringkan Pakaian setelah Semalaman di Dera Badai. Dok. Mapala Untan

Kesimpulannya mendokumentasikan apa yang kita lakukan adalah sangat penting. Namun selalu ada keseimbangan yang halus dalam menangkap momen hidup pada saat itu. Untuk setiap orang keseimbangan ini akan berbeda juga. Beberapa orang kurang tertarik untuk menceritakan kisah petualangan mereka kepada orang lain, atau lebih suka melakukannya dengan kata-kata.

Media sosial adalah alat yang luar biasa untuk berbagi pengalaman Sobat petualang, tetapi jangan mencabut pengalaman Sobat petualang di media sosial!

Berbagi berarti peduli!

shares