Monyet Proboscis/Bekantan yang Endemik Borneo

Deskripsi Monyet Belanda

Monyet Proboscis (Nasalis larvatus) juga disebut Monyet Belanda atau Bekantan, yang berarti Monyet berhidung panjang. Hidung yang besar dan panjang dari Monyet Proboscis atau bekantan adalah fitur yang sangat unik. Organ yang unik ini menjadi pembeda yang memisahkannya dari semua spesies lain. Bahkan, saat orang pertama kali melihatnya, mungkin mereka tidak berpikir itu adalah Monyet karena tampilannya. Dengan demikian, tidak heran jika dikatakan bekantan adalah salah satu satwa paling iconis di Kalimantan.

bekantan borneo
Bekantan Dewasa

Monyet Proboscis jantan memiliki hidung yang bahkan lebih besar daripada betina. Dipercaya bahwa hidung yang lebih besar akan menarik betina. Hidung bisa mencapai 7 inci panjang.

Monyet Proboscis jantan dapat mencapai berat 56 pon dengan betina hampir sekitar 20. Perbedaan ini lebih besar dibandingkan dengan primata lainnya dalam hal ukuran. Bekantan memiliki warna coklat kemerahan dan anggota badan berwarna abu-abu. Monyet-monyet ini juga memiliki perut yang sangat besar.

Klasifikasi Proboscis

Kingdom: Animalia

Kelas: Mamalia

Ordo: Primata

Famili: Cercopithecidae

Subfamili: Colobinae

Genus: Nasalis

Nama ilmiah: Nasalis larvatus

Distribusi

Pulau Borneo atau Kalimantan adalah satu-satunya lokasi yang diketahui menjadi habitat alami Bekantan. Dengan sebaran terbatas tersebut, Bekantan dapat digolongkan sebagai satwa endemik Borneo. Mereka hidup di dataran rendah di hutan dan di sekitar rawa-rawa. Mereka juga ditemukan di Taman Nasional Danau Sentarum di mana mereka dilindungi dengan baik dari pemburu. Monyet belanda tersebar dengan baik di habitat mereka.

Tingkah laku

Panggilan peringatan Bekantan sangat keras. Dipercaya bahwa hidung besar memungkinkan suara menjadi lebih nyaring dibandingkan dengan Monyet lainnya. Monyet Proboscis dapat hidup dalam kelompok yang berkisar dari 10 hingga 30 ekor. Namun, Bekantan tidak selalu berada di grup yang sama. Mereka dapat berpindah dari satu kelompok ke yang lain. Ini sangat berbeda dari kebanyakan kelompok spesies Monyet lainnya.

bekantan atau monyet belanda
Bekantan Dewasa

Kera Belanda bisa berenang dengan sangat baik bahkan di air yang dalam. Ini memungkinkan mereka berpindah dari satu pulau ke pulau lain di habitat mereka. Hal ini juga memberi mereka tempat untuk menenangkan diri dan bersenang-senang atau bermain-main. Bekantan dapat terlihat berjalan dengan posisi tegak di sepanjang jalan di hutan.

Pejantan Monyet Proboscis adalah primata yang mengaplikasikan sistem harem. Hal ini memungkinkan jantan memiliki beberapa betina untuk bersosialisasi dan kawin. Mereka juga membantu merawat anak-anak muda.

Diet/Makanan

Monyet Bekantan tidak makan lebih banyak daripada Monyet lain, tetapi tubuh mereka terlihat seperti itu. Hal ini berhubungan dengan bentuk tubuh mereka di bagian perut yang tampak menggelembung. Makanan bekantan terdiri dari tunas dan daun bakau. Mereka juga akan mengkonsumsi serangga kecil.

Reproduksi

Betina adalah pihak yang memulai proses kawin, dan itu dapat terjadi selama periode apapun dalam setahun. Mereka biasanya akan melakukannya hanya jika ada banyak makanan. Bayi Monyet Proboscis dilahirkan sekitar 160 hari setelah kawin terjadi. Mereka memiliki warna kebiruan pada wajah mereka saat lahir tetapi akan segera berubah menjadi merah muda.

proboscis monkey menyusui anaknya
Induk Bekantan Menyapih Anaknya

Pejantan harus meninggalkan kelompok ketika mereka berusia sekitar 1 ½ tahun. Betina betina bisa bertahan seumur hidup jika mereka mau. The Proboscis Monkey memiliki rentang hidup yang pendek di alam liar sekitar 13 tahun. Di penangkaran mereka dapat hidup hingga 30 tahun.

Konservasi

Hilangnya vegetasi telah menyebabkan penurunan tajam jumlah Monyet Bekantan di alam liar. Saat ini diperkirakan hanya ada sekitar 1.000 dari mereka yang tersisa. Akibatnya mereka dilindungi secara ketat oleh pemerintah Kalimantan. Ada hukuman berat bagi mereka yang membunuh mereka. Namun, beberapa perburuan memang terjadi dan sulit untuk melacak mereka yang bertanggung jawab atas upaya tersebut.

Berbagi berarti peduli!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares