Pakaian Pendaki Gunung – Ini yang Perlu Kamu Tahu

Hallo sobat petualang, selamat datang di blog Tualang Borneo. Artikel yang akan sobat baca kali ini adalah tentang pakaian pendaki atau pakaian aktifitas luar ruangan. Pakaian tentu saja menjadi alat vital dalam kegiatan luar ruangan seperti pendakian gunung.

pakaian adalah perlengkapan vital dalam pendakian gunung

Menggunakan pakaian adalah keharusan, tapi menggunakan pakaian yang benar sangat penting. Berpakaian outdoor dengan benar memungkinkan sobat petualang untuk melakukan berbagai hal itu tanpa gangguan atau hambatan dan ketidaknyamanan seperti terlalu berkeringat, terlalu dingin, terlalu hangat atau benar-benar basah kuyup.

Pakaian bisa menjadi pembeda antara pendakian yang menyenangkan dan pendakian yang mengesalkan. Jadi, pakaian pendaki seperti apa yang sobat butuhkan saat bertualang di alam bebas? Sepatu hiking atau sepatu hiking? Bagaimana dengan ransel hiking, sepatu hiking, pakaian pelindung, jaket dan celana hiking? Mari kita bahas satu-persatu

Pakaian Pendaki Atas

Jaket

Jaket pendakian atau jaket lapangan adalah perlengkapan yang sangat penting untuk dibawa kemana pun Sobat pergi, bahkan walaupun ramalan cuaca mengatakan matahari akan terik sepanjang akhir pekan dengan kemungkinan bukit-bukit menjadi kering-kerontang.

Jaket hiking terbaik seharusnya tahan angin dan tahan air dengan standard tinggi, mencakup semua kemungkinan cucaca di atas bukit. Namun yang terpenting, Sobat juga akan membutuhkan jaket yang bisa bernapas, berventilasi sangat baik dan memiliki banyak kantong dan desain yang ringkas, agar packing lebih mudah.

Dengan kemajuan teknologi dan perkembangan dunia aktifitas outdoor, Saat ini relatif mudah untuk menemukan jaket yang memiliki semua kualifikasi di atas.

Mid layer

Mid Layer atau Lapisan tengah untuk hiking berfungsi sebagai lapisan isolasi. Pakaian pendaki mid layer umumnya menggunakan bahan wol (alami maupun sintetis) yang merupakan isolator yang sangat baik. Bahan ini mempertahankan panas tubuh untuk tetap berada di dalamna sehingga suhu udara yang rendah tidak membuat sobat kedinginan.

Mid layer seharusnya hangat dan nyaman. Pastikan lapisan tengah pakaian Sobat cepat kering, ringan, mudah dipakai di bawah jaket dan tidak mudah rusak atau mudah robek.

Base Layer

Lapisan dasar pendakian atau trekking Sobat memiliki fungsi untuk menyerap keringat keringat yang keluar saat berjalan di luar ruangan. Sangat penting bagi Sobat untuk menggunakan lapisan dasar yang Sobat rasa nyaman. Karena bahan pakaian yang salah untuk orang yang salah dapat menyebabkan rasa gatal atau tidak nyaman saat berjalan.

Ketidaknyamanan pakaian bisa membuat perjalanan menjadi semakin sulit. Base layer yang benar akan meningkatkan kenyamanan, sirkulasi udara dan suhu di sepanjang pendakian.

Pakaian Pendaki Bawah (Celana)

Kriteria yang penting untuk celana pendakian adalah tahan air, ringan tapi tetap sejuk dan nyaman. Sama halnya dengan pakaian atas, celana yang tepat ikut mendukung terlaksananya kegiatan kita di alam bebas dengan nyaman dan menyenangkan.

Untuk aktifitas outdoor sangat umum jika kita menggunakan celana dengan banyak kantong, karena terdapat beberapa peralatan yang mungkin kita butuhkan dengan cepat saat sedang bertualang. Celana panjang kita sebaiknya juga kelenturan dan fleksibel.

Jika Sobat menuju beraktifitas di bawah sinar matahari terik, menggunakan celana panjang ritsleting di lutut dan menjadi celana pendek bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Tetapi jika Sobat akan beraktifitas di luar ruangan pada musim hujan, membawa membawa raincoat dengan bawahan adalah keharusan.

Menggunakan gaiters yang melindungi kaki dan pergelangan kaki bagian bawah, juga sangat bagus.

Hiking Boots

Penting untuk memahami jenis-jenis sepatu , karena terdapat bebeberapa jenis sepatu outdoor sesuai dengan medan yang akan dijelajahi. Beberapa jenis sepatu outdoor misalnya: sepatu hiking, sepatu trail running, hiking boot, backpacking boot, dan mountaineering boot. Baca Jenis-jenis Sepati Mendaki Gunung.

Jika Sobat akan melakukan trail running, Sobat hanya membutuhkan sepatu trail running, jangan gunakan sepatu hiking. Dan jika Sobat sedang ingin mendaki dengan jarak pendek, sepatu hiking bisa lebih tepat daripada boot hiking.

Sepatu hiking dibuat dengan sangat nyaman dan bisa dipakai untuk medan yang berat. Hiking boots memiliki manset pergelangan kaki yang tinggi untuk mencegah ketegangan, sengatan hewan dan melindungi kaki dari kemungkinan terkilir akibat medan yang berat.

Sobat juga perlu mencari mid-soul yang fleksibel, soul yang tangguh yang dibuat khusus untuk menghadapi bebatuan dan medan hutan belantara. Sepatu juga sebaiknya memiliki semacam sistem tahan air, baik Gore-Tex atau yang lainnya.

Kaus kaki

Jenis kaus kaki hiking terbaik akan membuat kaki Sobat tetap kering dan hangat selama bertualang di medan yang dingin dan basah dan menjaganya tetap sejuk saat cuaca terlalu panas. Daya tahan sangat penting di sini, seperti fungsi pengeringan yang cepat dan transfer kelembaban.
Pastikan sobat membawa kaus kaki cadangan saat bertualang, 3 pasang kaus kaki mungkin cukup.

Topi hiking

Topi membantu kita melindungi kepala dari sengatan sinar matahari dan berbagai bendayang mungkin mengenaik kepala kita. Terdapat beberapa jenis topi, tapi jika sobat akan ke alam bebas, sangat bijak jika sobat menggunakan topi rimba.

Membawa kupluk juga bisa sangat berguna saat malam hari untuk menjaga kehangatan kepala. Selain topi, sobat mungkin juga perlu melindungi mata dengan kacamata, mengingat matahari siang bisa sangat menyilaukan di alam bebas.

Oke sobat petualang, demikianlah sedikit sharing tentang pakaian pendaki ini, mudah-mudahan bermanfaat. Bagaimana dengan sobat petualang sendiri? Adakah pengalaman yang bisa dibagi terkait dengan pakaian petualang sobat?

Berbagi berarti peduli!

shares