Panjat Tebing dan Jenis Olah Raga Memanjat Lainnya

Olah raga memanjat pada dasarnya adalah bergerak secara vertikal pada benda yang curam menggunakan tangan dan kaki Anda. Panjat tebing adalah bentuk olah raga memanjat yang paling dikenal, tetapi sebenarnya ada jenis olah raga memanjat lain seperti panjat es dan panjat bangunan (memanjat bagian luar bangunan tinggi).

Panjat Tebing

Olahraga Panjat Tebing yang Semakin Populer. Sumber: www.nps.gov

Panjat tebing adalah olahraga yang sedang berkembang dan populer di semua kelompok umur. Olah raga ini melibatkanaktifitas memanjat dinding panjat buatan atau formasi batuan alam dengan tujuan mencapai puncak, yang dikenal sebagai summit. Seperti halnya semua olahraga ekstrem, pelatihan teknik panjat yang tepat dan penggunaan peralatan khusus sangat penting.

Baca juga: Tenda dan Alat Perlindungan Outdoor Lainnya

Panjat tebing membutuhkan kekuatan, kelincahan dan daya tahan. Olahraga ini tidak hanya menuntut kekuatan fisik tetapi juga mental karena Anda memerlukan tingkat kontrol diri yang tinggi. Ada berbagai bentuk pendakian yang meliputi pendakian es, pembinaan dan bouldering. Inilah mengapa itu membuatnya menjadi olahraga yang mengasyikkan, karena ada begitu banyak pilihan.

Akan selalu ada tebing batu yang menarik dan menantang, artinya setiap kali Anda dapat mendorong diri Anda sedikit lebih jauh dan mengembangkan keterampilan Anda, menjadikannya olahraga yang sempurna bagi para amatir hingga para profesional.

Baca juga: Pakaian Pendaki Gunung

Pemanjatan Tebing Es

ice climbing, pemanjatan tebing es pada puncak gunung atau air terjun
Ice Climbing. Gambar oleh Simon Steinberger

Panjat es sangat bagus untuk pendaki yang mencari pengalaman baru olah raga luar ruangan. Olahraga ini melibatkan aktifitas pendakian formasi es seperti tebing dan batu yang ditutupi dengan es dan air terjun beku. Panjat es umumnya dibagi menjadi dua jenis yaitu alpine ice dan water ice.

Ice Alpine ditemukan di dekat puncak pegunungan dan biasanya dipanjat ketika pendaki mencoba untuk mendaki puncak gunung, sedangkan water ice climbing adalah pemanjatan tebing es yang terbentuk karena air yang membeku. Kedua jenis es ini dapat sangat bervariasi dalam konsistensi tergantung pada kondisi cuaca, itulah sebabnya pelatihan dan pengetahuan sangat penting dalam olah raga ini.

Buildering

buildering, pemanjatan bangunan perkotaan, dikenal juga sebagai urban climbing
Buildering, sambil membersihkan dinding. Gambar oleh Ananiasjunior0

Buildering umumnya dikenal sebagai urban climbing. Olah raga ini adalah dapat didefinisikan sebagai aktifitas memanjat di luar bangunan atau struktur lainnya. Aktifitas ini adalah olahraga yang berkembang dengan semakin banyaknya acara khusus yang diselenggarakan untuk pendaki berpengalaman.

Olah raga ini dapat menarik banyak orang, terutama dengan perhatian media yang didapatnya, menyebutnya sebagai spiderman modern. Pendaki cenderung memulai dengan bagian bangunan yang lebih kecil dan secara bertahap membangun dan mengembangkan keterampilan, kekuatan dan stamina dalam pemanjataannya untuk mencapai struktur yang lebih besar.

Buildering bisa menjadi olahraga yang berbahaya jika dilakukan tanpa tali dan perlindungan, menjadikannya olah raga yang memerlukan latihan.

Panjat Tebing Bouldering

bouldering, pemanjatan tebing batu rendah tanpa pengaman
Bouldering. Gambar oleh Ed Dunens

Bouldering bukan hanya cara yang sangat baik untuk melatih kemampuan memanjat tebing, lebih dari itu, bouldering sendiri juga merupakan olahraga yang populer.

Pemanjatan bouldering adalah gaya panjat tebing yang dilakukan tanpa menggunakan tali dan biasanya dibatasi untuk pendakian yang sangat singkat guna mencegah cedera serius, inilah mengapa sangat bagus untuk mengembangkan keterampilan Anda.

Baca juga: 10 Tips untuk Pendaki Gunung Pemula

Jenis pendakian ini biasanya dilakukan pada batu alam atau buatan manusia, boulder adalah sebutan untuk batu besar. Namun seiring perkembangan olahraga, pendaki yang lebih berpengalaman dapat berlatih di dasar permukaan batu yang lebih besar.

Sumber: http://www.outdoor-sport-leisure.net/

Berbagi berarti peduli!

shares