Pengamatan Burung untuk Pemula

Apakah sobat menyukai burung yang terbang bebas di habitat alaminya? Jika sobat menjawab ya, maka sobat harus mencoba melakukan kegiatan pengamatan burung, atau istilah kerennya Birdwatching atau Birding.

Mungkin sebagian sobat sudah sangat biasa melakukannya, tapi jika belum, sangat disarankan untuk lanjut membaca artikel ini.

Jenis Burung Air. Sumber: www.nps.gov

Untuk sebagian pemula, kegiatan mengamati burung bisa memicu frustrasi karena sulitnya untuk mengidentifikasi semua burung yang tampak di depan kita, di hutan, di sepanjang jalan, atau di pantai. Yang kita perlukan adalah latihan, lakukan segera dimana saja sobat melihat ada peluang.

Ambil perlengkapan hiking sobat dan baca terus untuk beberapa tips cepat untuk mulai menjadi birders. Jangan terpaku pada kondis yang kurang nyaman untuk sobat, sobat bisa belajar sendiri atau berkawan, sobat dapat mengamati burung di mana saja.

Untuk mempersingkat waktu sobat, berikut ini adalah beberapa tips mudah yang bisa sobat terapkan untuk perjalanan birdwatching sobat.

Teropong pengamatan burung

Pastikan sobat memiliki teropong yang layak dan telah disesuaikan dengan fokus mata sobat. Sobat juga harus berlatih menggunakannya.
Untuk mencari burung di lapangan, Selalu gunakan dulu mata telanjang. Mata telanjang memiliki bidang pandang yang luas sehingga lebih mudah untuk mencari. Setelah terdeteksi posisinya, baru gunakan binokuler.

Warna hanya bonus

Perhatikan bahwa warna hanya bonus. Kecuali di bawah kondisi pencahayaan terbaik, sulit untuk melihat warna bulu secara akurat. Refleksi cahaya dan bayangan sering mengubah warna, kusam, atau berlebihan. Perhatikan dulu faktor-faktor lain terlebih dahulu. Tentu saja, ada spesies yang penentuan warna yang akurat sangat penting untuk identifikasi yang akurat.

Ukuran bisa sangat membantu,

Ukuran burung bisa sangat membantu, tetapi dalam prakteknya bisa menyesatkan. Seekor burung yang terbang di atas kita mungkin tampak jauh lebih besar atau lebih kecil dari kenyataannya. Objek pembanding bisa sangat membantu – pohon, tiang pagar, tiang telepon, dll.

Perhatikan bentuknya

Amati bentuk atau penampakan burung tersebut. Panjang paruh, panjang kaki, atau kepala berumbai bisa membantu mempersempit kemungkinan-kemungkinan yang ada.

Perhatikan habitatnya

Habitat selalu menjadi pertimbangan yang berguna. Di tengah-tengah hutan hujan tropis akan berbeda dengan jenis-jenis burung di pantai atau di taman kota.

Perhatikan perilakunya

Lihat dimana mereka bermain, berjalan air dangkal, memanjat batang pohon, berenang, meluncur di udara, muncul dari sarang disekitar tempat berlumpur, apa yang mereka makan, atau dimana mereka bertengger, semuanya bisa menjadi petunjuk yang sangat membantu.

Nyanyian dan suara panggilan

Identifkasi dengan nyanyian dan suara burung adalah metode identifikasi yang sangat baik dan kadang-kadang menjadi satu-satunya cara untuk membedakan mereka di lapangan; dan tidak jarang kita bisa mendengar suara burung tetapi tidak dapat menemukannya secara visual.

Kemampuan identifikasi suara membutuhkan lebih banyak latihan daripada mempelajari karakter visual.

Gunakan buku panduan

Gunakan buku panduan lapangan pengamatan burung yang baik karena, buku panduan adalah alat yang sangat membantu untuk mengidentifikasi karakteristik (tanda lapangan) burung. Semakin spesifik wilayah cakupan yang buku panduan yang anda miliki bisa jadi semakin baik untuk pengamatan anda.

Ajak orang yang lebih berpengalaman

Akhirnya, rekomendasi kami yang paling penting bagi para pengamat burung pemula: lakukan pengamatan bersama orang-orang yang mengenal burung-burung di sekitar lokasi target.

Jika Anda tidak memiliki teman yang memiliki kemampuan mengenali burung, Anda mungkin dapat mengajak masyarakat lokal lokal paham dengan jenis-jenis burung di daerahnya dan bisa mengajak Anda berkeliling. Anda juga dapat bertemu dengan orang-orang yang bepergian yang tertarik mengamati burung daerah Anda.

Berbagi berarti peduli!

shares