Sleeping Bag, ini yang perlu kamu tahu!

Sleeping bag (kantong tidur) dan sleeping pad  (matras) adalah dua dari beberapa perlengkapan penting untuk pendakian multi-hari (camping). Sebenarnya untuk membeli sleeping bag tidak harus sampai menguras tabungan kita. Namun demikian, kita perlu memastikan untuk membeli kantong tidur yang berkualitas dari toko outdoor yang memiliki reputasi baik, karena perlengkapan yang satu ini bukan sekedar mainan camping anak-anak.

Sleeping bag dan sleeping pad bisa menjadi sebuah peralatan penting yang benar-benar bisa menjadi penyelamat.

sleeping bag, kantong tidur

Tips membeli sleeping bag (Kantung tidur)

Saat berbelanja untuk kantong tidur, faktor utama yang perlu dipertimbangkan adalah: peringkat, isi, dan bentuk.

Isi

Umumnya Kantong diisi dengan bulu atau bulu sintetis untuk membuat kita tetap hangat. Bulu lebih tahan lama, ringan, dan efisien tetapi menjadi tidak berguna saat basah, selain itu bulu asli sulit mengering.

Serat Sintetis sedikit lebih berat dan juga tidak padat, tetapi tetap hangat saat basah. Untuk daerah pantai yang lembab, sleeping bag sintetis, meskipun sedikit lebih berat, biasanya merupakan pilihan yang lebih baik.

  • Kantong tidur sintetis dapat lagi dibagi menjadi serat pendek dan filamen bersambung. Serat pendek meniru buluh unggas dan merupakan standar industri yang lebih umum.
  • Kantong tidur bulu diklasifikasikan berdasarkan berapa banyak bulu dalam satu pon bahan yang digunakan. Sebagai contoh, sebuah sleeping bag dengan angka 600 memiliki 600 bulu dalam satu pon. Tas berkualitas lebih tinggi memiliki lebih banyak bulu.

Bentuk

Bentuk sleeping bag yang paling populer saat ini dipotong dalam bentuk yang disebut “mumi”. Betuk ini Ini mengurangi beratnya dan meningkatkan kehangatan. Bagi orang-orang yang mungkin merasa terkekang dalam sleeping bag seperti itu, sleeping bag berbentuk persegi panjang juga tersedia.

Alternatif lain yang semakin populer sebagai pengganti kantong tidur adalah selimut tidur. Bentuk ini didasarkan pada pemikiran bahwa karena bagian bawah kantong tidur tradisional tertekan oleh tubuh sehingga sifat pemanasannya hilang. Karena itu bagian bawahnya bisa dihilangkan.

Selimut bisa mengurangi beban dan bisa membungkus alas tidur Kamu. Jika Anda mempertimbangkan opsi ini, pastikan Anda memiliki alas tidur (matras) berkualitas yang nyaman untuk tidur.

Terakhir, meski tampaknya merupakan sebuah pengetahuan umum, pastikan ukuran kantong tidur kamu sesuai dengan ukuran tubuh kamu. Saat ini, kantong tidur dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran yang pas untuk pria, wanita, orang tinggi, dan orang pendek. Jika kamu ingin mendapatkan tidur malam terbaik di petualangan kamu, gunakan sleeping bag yang nyaman.

Baca juga: 5 Kesalahan Umum Pendaki Gunung

Alas tidur

Suhu tubuh bisa berkurang secara signifikan saat terjadi kontak langsung antara tubuh kita dengan tanah yang dingin, jadi jangan meremehkan pentingnya alas tidur yang baik.

Bantalan termurah dan paling ringan adalah bantalan busa sel tertutup, ini adalah bentuk yang paling umum digunakan di Indonesia. Bantalan ini tahan lama dan dapat berfungsi ganda sebagai tempat duduk instan selama istirahat singkat dalam pendakian atau saat makan.

Alternatifnya adalah inflatable pad. Sebagian petualang menganggap alas tidur yang satu ini sedikit lebih “mewah” dari pada matras sel tertutup. Sleeping pad memberikan permukaan tidur yang lebih nyaman. Namun, alas tidur ini bisa jadi lebih berat, dan kita harus berhati-hati terhadap kondisi lingkungan sekitar untuk menghindari tusukan pada matras.

Jadi lakukan pendakian, dan pastikan tidur nyenyak di kantong tidur yang memenuhi kebutuhan Anda.

Berbagi berarti peduli!

shares