Tenda dan Alat Perlindungan Outdoor

Kegiatan alam bebas hampir tidak pernah lepas dari tempat perlindungan seperti misalnya tenda. Tenda atau kemah telah sejak lama digunakan sebagai rumah nomaden oleh nenek moyang kita. Sebagian dari kita mungkin lebih suka tidur di bawah bintang-bintang, tapi kita tidak akan bisa bertahan dibawah langit yang sedang bercuaca buruk tanpa naungan. Karena itu naungan menjadi sangat penting untuk kita.

Tenda telah sangat lama dikenal sebagai alat perlindungan portabel yang paling umum, seiring perkembangan zaman dan teknologi, muncul banyak pilihan yang bisa kita gunakan sebagai alat bernaung di alam bebas. Disini kita akan membahas macam-macam alat perlindungan yang biasa digunakan di alam bebas.

baca juga: Terapi Alami Kesehatan Mental dengan Mendaki Gunung

Tenda

Definisi dasar dari tenda adalah setiap struktur yang sepenuhnya tertutup yang disokong rangka ringan dan bagian atasnya kedap air. Biasanya, air dihalangi dengan rainfly yang dapat dilepas sehingga bisa memberikan ventilasi yang lebih baik saat dipindahkan, bentuk demikian menjadi tenda seperti pondok perlindungan dari serangga.

Baca juga: 11 Outdoor Equipment yang Esensial

Tenda dapat memiliki sejumlah tiang tergantung pada ukurannya, tergantung juga apakah berdiri sendiri atau tidak. Tenda yang berdiri sendiri biasanya membutuhkan lebih banyak kutub, tetapi lebih mudah dipasang karena tidak perlu diletakkan di sebuah perkemahan. Dari semua opsi, tenda adalah tempat penampungan yang paling “tahan bom,” atau tahan cuaca. Imbalannya adalah mereka yang paling mahal dan terberat.

Terpal

Terpal adalah pilihan utama untuk penggiat alam bebas yang sangat memerhatikan berat barang bawaan. Terpal biasanya cukup ringan dengan berat yang sederhana, segiempat dan bisa dilengkapi dengan lubang-lubang untuk mengikatnya di bagian pinggirannya.

Cukup dengan dengan sedikit pengetahuan, terpal bisa menjadi peralatan yang serbaguna.

Ada banyak cara menggunakan terpal saat berkegiatan di alam bebas. Meskipun mungkin Anda tidak membutuhkan tiang terpal, kurangnya batang pohon dapat menyebabkan masalah saat anda menggunakan terpal. Pendaki umumnya menggunakan terpal menggunakan tongkat pendakian untuk menopang kedua ujung terpal.

Keuntungan terpal adalah ringan, murah, dan berventilasi baik. Kekurangannya yang jelas adalah anda mungkin memerlukan sedikit latihan untuk bisa memasangnya dengan benar, terpal tidak bisa melindungi anda dari serangga, dan lebih rentan terhadap cuaca buruk.

Bivies

Bivies adalah alat perlindungan alam bebas model baru yang saat ini cukup dikenal di dunia outdoor. Nama bivies berasal dari alat perlindungan alam bebas yang disebut “bivak.” Pendaki gunung masa lalu biasa membungkus diri dengan kain tahan air berlapis bulu burung agar tetap hangat dan nyaman ketika tidak ada perlindungan tersedia.

Bivies modern berteknologi jauh lebih tinggi, biasanya terbuat dari beberapa potong kain tahan air seperti Gore-Tex. Sebagian besar model memiliki satu tiang ringan atau plastik sisipan yang menjaga bagian atasnya tetap berjarak dengan wajah Anda. Lebih ringan dari tenda tetapi lebih berat dari terpal, bivies baik untuk pendaki solo karena mereka hanya muat satu orang.

Perlu diingat bahwa kain yang menyusun bivy dapat bervariasi dalam hal pernapasan. Jika sirkulasi udara kurang baik, bagian dalam bivies bisa mengalami kondensasi sehingga membuat kantong tidur Anda sama basahnya seperti jika Anda tidak menggunakan bivy.

Hammocks

Tempat tidur gantung adalah alternatif yang bagus untuk petualang yang merasa agak sesak untuk menggunakan bivy atau tenda. Hiking hammock tidak seperti tempat tidur gantung besar yang mungkin Anda lihat di tepi kolam renang, tetapi prinsip penggunaan keduanya sama. Anda membutuhkan dua pohon untuk memasangnya, tetapi tempat tidur gantung ini terlihat sedikit seperti tenda yang Anda gantung di pohon.

Hammocks memiliki jaring serangga dan terpal di atas kepala untuk berlindung dari kondisi cuaca yang kurang baik. Meskipun anda memerlukan sedikit percobaan dan kesalahan untuk mengetahui cara tidur yang nyaman di dalamnya (Anda seharusnya tidur secara diagonal sehingga tubuh Anda tidak terlipat dengan sendirinya).

Hammocks jauh lebih nyaman daripada tidur di atas bantalan tipis. Beratnya hampir sama dengan bivy, tetapi umumnya tidak semahal bivy. Kelemahan terbesar Hammocks adalah dalam cuaca dingin dan berangin Hammocks bisa sangat dingin karena angin berhembus tepat di bawah Anda. Masalah ini dapat diatasi dengan membeli / membuat mekanisme isolasi yang Anda letakkan di bawah Hammocks anda.

Baca juga: Tips Persiapan Travelling

Terpal-Tenda

Ide baru ini dengan cepat menarik perhatian orang-orang yang merasa tenda terlalu tertutup dan terpal terlalu terbuka rentan. Tenda terpal dapat digunakan dengan satu atau tanpa ada tiang tetapi diikat ke pohon seperti terpal. Sisi yang terbuat dari kasa serangga menghubungkan atap dengan kain bawah yang mengambang. Terpal-tenda sangat ringan dan sangat baik untuk digunakan di daerah dengan banyak serangga.

Berbagi berarti peduli!

shares