Tips Persiapan Travelling

tips perjalanan

Siapa yang tidak senang travelling? Rasanya tidak ada orang yang tidak senang dengan kegiatan travelling, hanya saja banyak dari kita tidak memiliki banyak waktu luang. Banyak alasan kenapa banyak orang senang untuk melakukan perjalanan meninggalkan rumahnya yang nyaman. Tapi, pastinya ada satu hal selalu menjadi alasan bagi banyak orang travelling, yaitu kesenangan.

Travelling itu seharusnya menyenangkan, tapi ada kalanya menjadi tidak menyenangkan. Salah satu faktor terbesar yang menjadikan tidak menyenangkan adalah kurangnya persiapan. Agar kegiatan travelling Kamu menyenangkan, maka siapkanlah perjalanan tersebut dengan baik.

Tapi, bagaimana caranya menyiapkan rencana travelling yang baik? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dijadikan referensi jika Kamu ingin travelling, tips ini terutama diperuntukkan bagi yang masih bingung bagaimana menyiapkan sebuah rencana perjalanan. Namun bagi yang sudah cukup ahli dalam mempersiapkan travelling, tidak ada salahnya membaca tips berikut:

Riset Lokasi Tujuan Perjalanan

Memiliki gambaran lokasi tujuan adalah yang paling awal dan penting saat Kamu menyiapkan rencana perjalanan Kamu. Kumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang daerah yang akan Kamu kunjungi, akan sangat baik jika Kamu memiliki peta. Saat ini hampir semua daerah tujuan wisata menyediakan peta lokasi atau denahnya. Pelajari tentang aksesnya dan akomodasi, apa jenis kendaraan yang tersedia dan dimana kita bisa menginap.

Selanjutnya pelajari tentang karakter dari orang-orang dan lingkungan daerah tersebut. Beberapa hal yang penting misalnya budaya masyarakat setempat, terutama kebiasaan dan pantangan-pantangan masyarakat. Pelajari juga iklim dan topografi. Hal ini bermanfaat untuk memperkirakan barang-barang apa saja yang akan kita bawa dalam perjalanan.

Rencanakan

Setelah mengetahui banyak informasi tentang daerah yang akan Kamu kunjungi, buat itinerary (jadwal perjalanan) Kamu, rencanakan tempat-tempat yang akan Kamu kunjungi, perkirakan waktu yang akan Kamu habiskan disuatu tempat. Jangan sampai terlalu lama disuatu tempat sehingga Kamu kekurangan waktu untuk perjalanan ke tempat lain, atau terlalu cepat sehingga Kamu tidak sempat mengeksplorasi lebih jauh dan mendapatkan pengalaman yang seharusnya Kamu rasakan.

Catatan Persiapan Travelling

Buat catatan kecil yang berisi barang apa saja yang akan Kamu bawa dalam perjalanan, catatan ini sangat penting untuk menghindari barang tertinggal di rumah atau kehilangan barang dalam travelling Kamu.
Perkirakan dengan seksama barang apa saja yang akan Kamu bawa, jangan sampai terlalu diberatkan oleh barang-barang yang sebenarnya tidak perlu atau malah kekurangan barang yang Kamu perlukan karena malas membawa barang.

Surat-menyurat

Pastikan Kamu selalu membawa kartu identitas Kamu. Jika Kamu travelling bersama istri, bawalah surat nikah untuk berjaga-jaga jika harus menginap di penginapan atau hotel. Bawa serta kartu ATM Kamu serta nomor-nomor telepon penting.

Reservasi Hotel atau Penginapan

Rencana yang dibuat jauh hari akan jauh lebih baik daripada rencana tiba-tiba. Jika rencana sudah ada, Kamu bisa melakukan reservasi hotel lebih awal. Sebisa mungkin buat juga reservasi untuk transportasi Kamu, selain ada kemungkinan lebih murah, juga untuk menghindari resiko kehabisan tiket.

Jaga Kesehatan

Tidak ada perjalanan yang menyenangkan dengan tubuh yang sedang sakit, karena itu jagalah kesehatan Kamu sebelum, dalam, dan setelah perjalanan Kamu. Makan makanan yang bergizi dan konsumsi vitamin tambahan secara teratur untuk meningkatkan daya tahan tubuh Kamu.

Berdasarkan informasi yang telah Kamu ketahui tentang lokasi tujuan travelling Kamu, lakukan tindakan pencegahan terkait potensi penyakit pada lokasi terkait, misalnya mengkonsumsi pil kina untuk pencegahan malaria.

Tidur yang cukup adalah salah satu langkah yang penting untuk menjaga kesehatan Kamu. Umumnya orang-orang tidak tidur pada malam sebelum keberangkatan karena mempersiapkan perjalanan. Faktanya, tidur pada waktu itu sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh Kamu dalam perjalanan. Karena itu usahakan Kamu sudah siap sebelum H-1 keberangkatan.

Ingat, tidak membuat perencanaan sama dengan merencanakan kegagalan. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian. Jadikan travelling kamu menyenangkan dengan persiapan yang matang.

Berbagi berarti peduli!

shares