Travelling Petualangan – 10 Tips

Travelling Petualangan

Travelling petualangan adalah jenis wisata minat khusus. Jenis perjalanan ini melibatkan eksplorasi atau perjalanan dengan tingkat risiko tertentu (nyata atau dirasakan). Perjalanan petualangan mungkin memerlukan keterampilan khusus dan aktivitas fisik.

Travelling petualangan dapat berupa aktivitas wisata yang mencakup aktivitas fisik, pertukaran budaya, dan hubungan dengan alam. Apakah kamu tertarik untuk melakukan wisata ini? Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin akan berguna jika kamu ingin melakukan perjalanan petualangan.

1. Berpikiran terbuka

Perjalanan petualangan adalah tentang kemungkinan-kemungkinan, penemuan, dan kesenangan. Hal yang menjadi pengalaman utama dari sebuah petualangan seringkali tidak direncanakan. Mungkin hanya dapat ditemukan dengan cara tetap terbuka pada berbagai kesempatan. Berikan senyum kepada semua orang, dan tetap terbuka untuk berbagai peluang, orang, dan tempat.

tips travelling petualangan
Rawa Bukit Semujan Taman Nasional Danau Sentarum

2. Berani

Percayalah pada kebaikan orang asing. Lanjutkan dengan optimisme dan keyakinan dan Kamu akan dihargai dengan sangat baik. Keberanian adalah salah satu modal utama untuk melakukan perjalanan petualangan. Jadilah pemberani, yakinkan diri. Mungkin setelah pulang dari perjalanan, kamu akan menjadi pribadi yang lebih berani menjalani hidup.

3. Kurangi barang bawaan

Travelling tanpa banyak bawaan memungkinkan Kamu untuk membuat pilihan yang lebih baik di lapangan. Coba untuk lebih tegas. Apakah Kamu benar-benar membutuhkannya? Pak pakaian atau perlengkapan yang bisa Kamu berikan.

4. Menjadi orang lokal

Kata orang minang, dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Hormati kebudayaan setempat dan coba untuk terlibat dengan aktifitas masyarakat lokal. Kamu juga bisa menggunakan pakaian lokal. Berwarna-warni. Pergi ke pasar lokal dan cari teman. Makan di mana penduduk setempat makan.

5. Berinteraksi

Bangun hubungan dengan komunitas lokal. Bergabunglah dengan kegiatan-kegiatan masyarakat. Apakah masyarakat bermain sepak bola, voli, atau badminton. Coba untuk bergabung dengan mereka. Jangan khawatir dengan kemampuan kamu dalam permainan yang mereka mainkan. Yang penting adalah terbangunnya relasi. Hubungan akan membangun kepedulian, mungkin masyarakat lokal akan menganggap kamu seperti keluarga mereka sendiri.

tips perjalanan petualangan
Permainan Gasing di Nanga Lauk, Kapuas Hulu

6. Berkreasi + Berbagi.

Abadikan pengalaman Kamu dan bagikan dengan orang lain. Ceritakan kisah yang menginspirasi orang lain untuk bepergian dan peduli tentang orang dan tempat. Kamu bisa berkreasi dalam bentuk cerita, foto, maupun video.

7. Lakukan sesuatu yang aktif

Metode terbaik untuk belajar adalah dengan melakukan sesuatu secara aktif. Tidak ada yang lebih baik, atau cara yang lebih berkelanjutan untuk mengalami suatu tujuan daripada melalui petualangan yang melibatkan perjuangan dengan tenaga. Keluarkan keringat kamu dan selamanya pengalaman itu akan menjadi bagian dari Kamu. Berjalan, menjadi, memankat atau bersepeda bisa menjadi pilihan yang asik.

8. Baca dan dengarkan musik lokal

Jalani petualangan kamu dengan dengan novel lokal, atau buku puisi. Membaca buku di situ dapat memberikan perspektif dan kedalaman di kedua arah. Jadikan toko buku atau toko alat musik lokal sebagai tempat perhentian pertama, bangun komunikasi dengan staf untuk mengetahui musik yang sedang tren. Berjalanlah dengan soundtrack yang bernuansa lokal. Temukan tempat untuk mendengarkan musik live terbaik.

9. Pergi ke tempat yang baru

Ada banyak tujuan wisata di dunia ini, dalam atau luar negeri. Namun, mungkin sebaiknya kamu bisa menjelajahi berbagai tempat di dalam negeri dulu. Karena Indonesia begitu luas dan kaya. Mungkin suatu saat kamu travelling keliling dunia, kamu bisa bercerita kepada orang-orang diluar sana tentang Indonesia.

Baca juga: Gunung-gunung di Kalimantan Barat

travelling ke tempat baru
Bukit Melintang Sambas

10. Just Go.

Selalu ada alasan untuk menunda perjalanan. Tetapi jangan lakukan itu. Pesan perjalanan kamu. Lakukan. Kamu tidak akan menyesalinya. Kebanyak orang menyesali apa yang tidak mereka lakukan saat masih bisa. Travelling petualangan bisa sangat terjangkau, dengan pengalaman luar biasa tersedia dengan harga yang bervariasi. Apakah kamu memiliki satu minggu, atau 6 bulan, ada perjalanan yang tepat untuk Kamu. Tidak pergi adalah satu-satunya hal yang akan Kamu sesali.

Berbagi berarti peduli!

shares