Wisata Kota Pontianak – Tiga Hari

Wisata Kota Pontianak – Jika kamu punya waktu tiga hari untuk berwisata di Kota Pontianak, tempat mana saja yang bisa kamu kunjungi? Jika ini adalah pertanyaannya, maka teruskan membaca. Disini kita akan membahas objek-objek wisata Kota Pontianak yang bisa kamu kunjungi dalam waktu 3 hari yang terbatas.

Wisata Kota Pontianak Hari Pertama, Wisata Sejarah dan Budaya,

tugu khatulistiwa
Tugu Khatulistiwa yang Asli Berada Di Bawah Replikanya

Pagi, kamu bisa mengunjungi museum sejarah Kalimantan Barat. Ada cukup banyak barang bersejarah di dalam gedungnya, tapi jangan lupa eksplorasi replika benda-benda bersejarah di outdoornya.

Menjelang siang, mengunjungi Tugu Khatulistiwa. Pasnya memang tengah hari, jadi bisa merasakan berada di titik Nol Derajat. Tanya-tanya sama orang sekitar, titik nolnya udah sampai dimana. Kalau tidak salah nolnya sudah di sungai. Tapi paling tidak kamu bisa mendekati. FYI, tugu yang besar yang keliatan dari jalan adalah replika, tugu aslinya ada di dalam/bawah tugu yang besar.

Menjelang sore, mengunjungi Keraton Qadariah dan Kampung Beting. Disini bisa agak lama, sampai menjelang sore. Kamu bisa menikmati suasana sore yang asik disini. Foto-foto depan Istana dan shalat di Masjid Jami’. Untuk mengunjungi kawasan bersejarah ini, sebaiknya bawa guide, karena Kawasan Kampung Beting relatif terkenal di Pontianak (Silahkan browsing sendiri terkait kampung ini). Sebelum maghrib bisa langsung kembali ke penginapan.

Malam, ngopi di Jalan Gajah Mada, pilih saja warung kopi yang diminati atau tanya teman atau guide.

Wisata Urban dan Arsitektur Kota Pontianak Hari Kedua

Pagi,

Kalau tertarik dengan taman atau tanaman serta ruang terbuka hijau kota, kamu bisa mengunjungi Arboretum Sylva Untan yang menyimpan beberapa spesimen hidup pohon-pohon yang ada di Kalimantan Barat. Ngadem dan foto-foto sebentar di Taman Digulis, Joging Track Untan, Taman Catur dan Taman Rektorat Untan. Tempat-tempat ini relatif berdekatan jadi tidak memakan waktu lama untuk berpindah. Kalau ada waktu bisa singgah juga ke Hutan Kota Pendopo Gubernur Kalimantan Barat.

Siang,

Kalau muslim, bisa shalat di masjid Mujahidin. Setelah shalat bisa menikmati gaya arsitekturalnya. Makan siang bisa di Rumah Makan Ulam Singkil di Jalan Sumatera, masakannya khas melayu Kalimantan Barat.

Habis makan bisa ke Rumah Radakng, yang merupakan salah satu bangunan kebanggaan masyarakat Dayak. Berbagai event tahunan masyarakat Dayak Kalimantan Barat dilaksanakan di Rumah Radakng.

Wisata arsitektur urban lanjut ke SDN 14 Jalan Tamar, mudah-mudahan anak sekolahnya sudah pulang. Bangunan SDN 14 di Jalan Tamar Pontianak menjadi menarik karena bangunan sekolah ini adalah salah satu yang tertua di Kota Pontianak dan sudah ditetapkan sebagai benda cagar budaya. Hampir keseluruhan bangunan ini menggunakan material kayu ulin yang terkenal keras.

Menjelang petang, kamu bisa mengunjungi taman waterfront Kapuas atau yang dikenal sebagai Taman Alun-Alun Kapuas. Disini Kamu bisa menikmati suasana sore di pinggiran sungai Kapuas.

Wisata River Cruise Sungai Kapuas, Hari Ketiga

River Cruise mungkin tidak memakan waktu lama, kecuali by request. Kalau masih ada waktu, kamu bisa mengunjungi kampung-kampung pinggiran Sungai Kapuas yang prasarana transportasinya menggunakan gertak atau jembatan kayu.

Malamnya ngopi lagi,

Berbagi berarti peduli!

shares