Wisata Pulau Randayan Kalimantan Barat

Wisata Pulau Randayan

Bengkayang adalah adalah salah satu kabupaten di Kalimantan Barat dengan potensi objek wisata yang melimpah. Salah satu dari banyak objek wisata yang menawan di Bengkayang adalah Pulau Randayan. Randayan bukan pulau yang asing di telinga masyarakat sekitar pantai barat Kalimantan Barat.

Meskipun ukurannya relatif kecil, Randayan memiliki keindahan yang sangat mengundang. Tidak hanya di bagian daratnya, bawah air pulau ini juga memiliki pesona terumbu Karang yang sangat menggoda jiwa petualang.

pantai wisata pulau randayan
Keindahan Pantai Wisata Pulau Randayan

Transportasi Wisata Pulau Randayan

Pulau Randayan bisa diakses dari ibukota Propinsi Kalimantan Barat -Pontianak- selama lima jam. Tiga jam perjalanan darat sampai ke Pantai Pasir Panjang Indah. Setelah itu dua jam perjalanan laut hingga sampai ke Pulau Randayan.

Dari pasir panjang kita bisa menggunakan kapal motor atau speadboat yang sudah disediakan oleh pengelola pulau Randayan. Sepanjang perjalanan kita dapat menikmati pemandangan pulau Kalimantan dari lepas pantai.  Selain itu juga ada pemandangan pulau-pulau kecil lainnya. Beberapa pulau lainnya misalnya seperti pulau Kabung, Pulau Penata Besar dan Penata Kecil, serta Pulau Lemukutan.

Kita juga bisa melihat bagan* yang merupakan sebuah arsitektur tradisional yang luar biasa. Bagan adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat menangkap ikan. Struktur tersebut dibangun di lepas pantai dengan pondasi hanya menggunakan kayu.

Keindahan Pulau Randayan

Sampai di dermaga pulau Randayan, anda akan disambut dengan air laut yang berwarna hijau. Air laut benar-benar seolah ada yang menumpahkan sirup ke dalamnya. Hanya saja rasa sirupnya asin. Dari atas dermaga tersebut kita bisa melihat ikan-ikan cantik. Ikan-ikan tersebut berukuran telapak tangan orang dewasa. Dari atas dermaga kita bisa melihat pemandangan Pulau Randayan dengan pantai pasir putih yang indah ini.

Fasilitas wisata di Pulau Randayan boleh dikatakan adalah yang paling lengkap. Jika dibandingkan dengan pulau-pulau lain disekitarnya. Beberapa cottage nampak berdiri dengan anggun pada bagian daratannya yang berumput. Terdapat juga beberapa bangunan sebagai ruang pertemuan tidak jauh dari ujung jembatan dermaga.

Pohon-pohon kelapa yang tidak terlalu tinggi menghiasi halaman depan cottage-cottage yang berdiri megah. Halamannya tampak tertata namun kita dapat menangkap kesan alami dari penataan kawasan ini. Pada batas pasir dan tanah, beberapa gazebo berdiri dengan apik.  Gazebo tersebut dapat menjadi tempat untuk bersantai menikmati angin Laut Natuna atau menikmati sunset.

wisata pulau randayan
Pepohonan Kelapa di Wisata Pulau Randayan

Keindahan Bawah Air Randayan

Meskipun berukuran kecil, bukan berarti hanya sedikit kegiatan yang bisa kita lakukan di pulau cantik ini. Snorkling adalah salah satu kegiatan utama yang wajib anda lakukan di Randayan. Bawah air sekitar pulau Randayan menyimpan keragaman terumbu karang yang relatif kaya bersama dengan ikan-ikan karangnya.

Jika anda ingin menyapa Clown Fish atau Ikan Nemo, Randayan adalah salah satu tempat yang tepat untuk melakukan itu. Selain Nemo, banyak ikan cantik lainnya yang bisa anda temui di sekitar terumbu karang Pulau Randayan.

Baca juga: Tualang Riam Dait, Singgah di Danau Lait kala Kemarau

Hiking dan Susur Pantai Pulau Randayan

Jika anda senang dengan olah raga hiking, anda bisa mendaki bukit yang berada di tengah-tengah pulau. Tidak terlalu tinggi, namun cukup untuk membantu mengeluarkan keringat. Setelah menikmati pemandangan dari atas bukit, kita bisa berjalan menyusuri pantai yang berpasir putih dan sebagian lainnya berbatu.

Kombinasi pasir putih, pohon kelapa dan ombak yang berkejar-kejaran bisa memberikan kesan romantis untuk anda. Karena itu tempat ini juga patut anda pertimbangkan untuk bulan madu atau sekedar menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat anda.

Beberapa bangunan permanen yang berfungsi sebagai villa wisata berdiri megah tidak jauh dari pantai. Villa tersebut dalam kondisi yang sangat baik. Mungkin datang bersama keluarga dan menginap di villa tersebut bisa menjadi kenangan tak terlupakan. Fasilitas yang disediakan juga relatif lengkap sehingga villa tersebut bisa digunakan juga untuk kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang banyak, misalnya untuk outbound.

wisata pulau Randayan
Bangunan Permanen Villa Wisata Pulau Randayan

Untuk yang senang menikmati suasana alam bebas, pulau Randayan juga menyediakan camping ground.  Fasilitas ini terdapat di sekitaran pulau. Terdapat beberapa lokasi yang bagus untuk anda camping sambil pesta barbeque. Bisa juga untuk sekedar berbaring menikmati langit malam yang di penuhi milyaran bintang. Kecuali langit sedang berawan atau mendung.

Pulau Randayan yang jauh dari keramaian kota memungkinkan kita untuk melihat langit yang dipenuhi bintang. Randayan adalah pulau yang khusus dikelola untuk kepentingan pariwisata. Karena itu suasananya sangat terkontrol dan tenang. Dengan demikian Pulau Randayan sangat cocok bagi anda yang sedang ingin menenangkan diri jauh dari keramaian kota.

Berbagi berarti peduli!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares